Home » » Obat Luka Memar Yang Tepat

Obat Luka Memar Yang Tepat

Written By Teguh Iw on Jumat, 10 Mei 2013 | 14.45


luka memar


Anakku yang besar masuk rumah. Ia meringis menahan sakit. Setelah aku tanya ia bilang, "Jatuh, Yah, tapi nggak apa, cuma sakit" Aku periksa tangannya, ternyata ada memar. "Terbentur sepeda", katanya. Ini yang namanya memar.

Apa Itu Luka Memar?

Luka memar merupakan jenis luka yang sering dijumpai dan dialami seseorang. Dalam kehidupan disaat melakukan aktifitas sehari-hari atau berolahraga adakalanya kita mengalami kecelakan seperti terbentur, jatuh, terpeleset, terkena tendangan atau terkena pukulan. Kondisi tersebut akan menyebabkan pembuluh darah di bawah permukaan kulit pecah kemudian darah masuk ke dalam jaringan sekitarnya sehingga menimbulkan luka memar.

Luka memar (Contusion Wound) atau dikenal dalam istilah kedokterannya  hematoma terjadi akibat benturan oleh suatu tekanan dan dikarakteristikkan oleh cedera pada jaringan lunak, perdarahan dan bengkak. Hematoma merupakan bekuan darah. Seringkali darah pada luka secara bertahap di serap (absorbsi) oleh tubuh masuk kedalam sirkulasi. Namun jika terdapat bekuan darah yang besar hal tersebut memerlukan waktu untuk dapat di serap tubuh, sehingga menghambat proses penyembuhan luka.

Luka memar ditandai dengan daerah yang terkena akan terasa sakit, kulit kemerahan dan berubah warna menjadi biru kehitaman atau hijau atau kuning, terkadang timbul benjolan atau bengkak akibat adanya rembesan darah ke dalam jaringan sekitar luka.

Obat Luka Memar

Jangan panik apabila mengalami luka memar, karena kebanyakan luka memar tidak memerlukan perawatan apapun. Untuk penyembuhan luka memar memerlukan waktu sekitar 2 minggu atau tergantung seberapa parah luka memar yang diderita. Namun untuk memeprcepat penyembuhan dan mengurangio rasa sakit bisa diberikan obat-obat tertentu.

Obat yang digunakan adalah AINS untuk mengurangi rasa sakit. Yang umum digunakan adalah asam mefenamat (Mefinal, Ponstan, Mefix). Selain itu juga sering digunakan Natrium/kalium Diklofenak (Cataflam, Voltaren, Voltadex). Obat tersebut sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi bengkak. Minum obat tersebut 3 kali sehari sehabis makan.

Selain itu, obat topikal (obat yang dioleskan) dapat juga diberikan seperti Thrombophob Gel/Oint. Obat ini berisi heparin yang sangat efektif untuk menghilangkan bekuan darah pada luka memar. Namun heparin tidak boleh digunakan pada luka terbuka.

Beberapa obat lain seperti Counterpain, Stop X juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Voltaren Gel juga efektif untuk menghilangkan bengkak dan memar.

Meski telah mendapatkan pengobatan, bagian yang mengalami memar sebaiknya diistirahatkan terlebih dahulu. Hal ini untuk mempercepat penyembuhan, juga untuk menghindari cedera lebih lanjut.
Share this article :

1 komentar:

  1. counterpain itu dioleskan ke luka memar/bengkaknya yaa? Mohon infonya

    BalasHapus

Popular Posts

Pengikut

 
Support : opyright © 2013. Obat dan Kesehatan - All Rights Reserved