Home » » Cara Mudah Menghilangkan Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Cara Mudah Menghilangkan Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Written By Teguh Iw on Minggu, 24 Maret 2013 | 20.50


kaki bengkak,ibu hamil


Setidaknya para suami yang istrinya tengah hamil harus mempersiapkan diri. Sebab pada masa ini, istri biasanya menjadi manja dan banyak permintaan. Selain itu juga banyak keluhan, terutama yang berkaitan dengan kesehatan. Contohnya saja terdapat beberapa kasus, yakni kram dan pembengkakan pada kaki, tangan sampai ke muka.

Mengapa Kaki Bengkak?

Kaki bengkak kerap disebut dengan edema atau oedema yang artinya penimbunan cairan. Pembengkakan ini bukan hanya bisa terjadi di kaki tapi juga memungkinkan di bagian tubuh lain, paha, tangan dan muka. Tetapi yang kerap sering dialami yakni pada bagian kaki.

Kaki bengkak pada ibu hamil merupakan sesuatu yang sering terjadi. Hal ini terjadi adanya penimbunan cairan dan bertambahnya beban janin selam kehamilan. Akibatnya beban jantung dalam memompa darah bertambah. Karena itu, aliran darah menjadi tidak lancar dan cairan akan banyak menumpuk, terutama pada kaki. Penumpukan cairan pada kaki disebabkan kaki merupakan organ tubuh yang paling bawah.

Tip Mengurangi Kaki Bengkak

Kaki bengkak pada ibu hamil merupakan sesuatu yang bisa dikatakan wajar. Meski begitu ada beberapa tips agar kaki bengkak tersebut tidak mengganggu; yaitu :
  • Pertama, kurangi makanan yang banyak mengandung kadar garam tinggi, baik untuk penderita darah tinggi maupun yang tidak  memilikinya.
  • Kedua, Hindari terlalu lama diam (posisi tidak rileks) dalam posisi duduk atau berdiri. Sangat dianjurkan lebih banyak bergerak agar sirkulasi darah berjalan dengan lancar.
  • Ketiga, meletakkan posisi kaki lebih tinggi dari posisi tubuh lainnya dan dianjurkan posisi tubuh dalam keadaan miring.
  • Keempat, istirahat yang cukup, jangan tidur terlalu malam.
  • Kelima, mengikuti senam  hamil untuk membantu kestabilan bentuk kaki.
  • Keenam, gunakan alas kaki yang nyaman, hindari alas kaki yang terlalu tinggi. Hindari juga pemakaian celana dan kaus kaki yang ketat.
  • Ketujuh, lakukan pemijatan ringan menggunakan baby oil pada kaki yang bengkak dari arah kaki ke atas betis sampai paha.
  • Kedelapan, rendam kaki dengan air hangat dicampur dengan garam agar kaki tersa lebih rileks.
Delapan tips tersebut semoga dapat mengurangi keluhan pembengkakan kaki ibu hamil.
Share this article :

1 komentar:

Popular Posts

Pengikut

 
Support : opyright © 2013. Obat dan Kesehatan - All Rights Reserved