Home » » Obat Asam Urat Yang Manjur

Obat Asam Urat Yang Manjur

Written By Teguh Iw on Kamis, 08 November 2012 | 13.50

obat,asam urat


Salah satu keluhan yang sering dialami para pelanggan apotek adalah asam urat. Biasanya keluhan ini disampaikan oleh para orang tua paruh baya ke atas. Meski begitu, banyak juga anak muda yang mulai menderita penyakit ini.

Serangan penyakit asam urat (gout) biasanya terjadi di tengah malam, setelah makan makanan yang banyak mengandung asam urat seperti daging, jerohan dan kacang-kacangan. Rasa sakit luar biasa dan intens menjalar dari sendi jempol kaki yang memerah, bengkak dan hangat (50% serangan awal melibatkan jempol kaki). Kontak sedikit saja dengan daerah yang sakit dan setiap gerakan dapat membuat rasa sakitnya bertambah. Serangan gout kadang-kadang juga disertai demam dan menggigil.

Setelah serangan pertama gout, Anda berpotensi mengalaminya lagi dalam beberapa minggu, bulan, atau bertahun-tahun kemudian. Pada kasus yang parah, serangan ulangan yang terjadi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan sendi dan membuat kehilangan mobilitas. Itulah sebabnya mengapa perawatan menyeluruh umumnya disarankan, yang menggabungkan obat dan diet untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Obat Asam Urat

Tidak ada obat untuk menyembuhkan penyakit asam urat, yang ada hanya obat untuk mengelola atau mengendalikannya. Tujuan utama pengobatan asam urat adalah menghentikan rasa sakit dan peradangan, mencegah serangan di masa depan, dan menghindari komplikasi (pembentukan tofi, batu ginjal, dan kerusakan sendi). Beberapa jenis obat yang biasa diberikan adalah:

Analgesik, yaitu obat anti-nyeri seperti Asam Mefenamat (Mefinal, Ponstan), Diklofenak (Voltadex, Voltaren, Cataflam), Piroxicam (Pirocam, Pirofel, Feldene). Obat ini hanya mengurangi rasa sakit dan meredakan inflasmasi yang terjadi pada serangan asam urat.

Colchicine merupakan obat khusus asam urat. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan aam urat. Colchicine dapat digunakan dengan dua cara: mengambil dosis kecil secara teratur selama berbulan-bulan atau tahun, atau mengambil dosis besar selama periode waktu yang singkat (beberapa jam).

Allopurinol (Zyloric, Reucid, Urica) untuk mempercepat pengeluaran asam urat dari dalam tubuh. Karena itu, jika kadar asam urat dalam tubuh tinggi, gunakan obat ini untuk menurunkannya.
Selain obat-obat tersebut diatas,  kortikosteroid atau hormon adrenokortikotropik (Hexilon, Lameson) juga digunakan dalam pengobatan asam urat. Sebagai anti inflamasi, kortiko steroid sangat efektif mengatasi peradangan akibat asam urat. Namun sekali lagi, obat ini tidak menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Obat lain seperti Losartan, Fenofibrate, dll yang tidak khusus untuk gout tapi membantu menurunkan kadar asam urat.

Diantara obat-obat tersebut di atas, manakah yang paling manjur untuk asam urat? Jawabannya adalah mencegah terjadinya asam urat merupakan tindakan paling manjur untuk mengatasi asam urat. Diet yang baik, menghindari makanan yang mengandung asam urat tinggi seperti daging, jerohan danm kacang-kacangan merupakan tindakan terbaik menghindari asam urat.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Pengikut

 
Support : opyright © 2013. Obat dan Kesehatan - All Rights Reserved