Home » » Obat Untuk Batu Empedu

Obat Untuk Batu Empedu

Written By Teguh Iw on Selasa, 01 Mei 2012 | 13.45

Batu Empedu


Ada seorang pelanggan datang ke apotek padi itu. Wajahnya pucat. Sambil menyerahkan resep, ia bertanya, “Mas, batu empedu  bisa dihancurkan tanpa operasi?”. “Ibu terkena batu empedu?”, tanyaku. Ia mengangguk. Aku baca resepnya dan memang berisi obat untuk menghilangkan batu empedunya.

Yah.. batu empedu. Batu ini berupa  timbunan kristal di dalam kandung empedu atau di dalam saluran empedu. Batu yang ditemukan di dalam kandung empedu disebut kolelitiasis, sedangkan batu di dalam saluran empedu disebut koledokolitiasis. Komponen utama dari batu empedu adalah kolesterol, sebagian kecil lainnya terbentuk dari garam kalsium. Cairan empedu mengandung sejumlah besar kolesterol yang biasanya tetap berbentuk cairan. Jika cairan empedu menjadi jenuh karena kolesterol, maka kolesterol bisa menjadi tidak larut dan membentuk endapan diluar empedu.
Sebagian besar batu empedu terbentuk di dalam kandung empedu dan sebagian besar batu di dalam saluran empedu berasal dari kandung empedu. Batu empedu bisa terbentuk di dalam saluran empedu jika empedu mengalami aliran balik karena adanya penyempitan saluran atau setelah dilakukan pengangkatan kandung empedu.
Batu empedu di dalam saluran empedu bisa mengakibatkan infeksi hebat saluran empedu (kolangitis), infeksi pankreas (pankreatitis) atau infeksi hati. Jika saluran empedu tersumbat, maka bakteri akan tumbuh dan dengan segera menimbulkan infeksi di dalam saluran. Bakteri bisa menyebar melalui aliran darah dan menyebabkan infeksi di bagian tubuh lainnya.

Ada beberapa penyebab terbentunya batu empedu, diantaranya
  • Usia lanjut
  • Kegemukan (obesitas)
  • Diet tinggi lemak
  • Faktor keturunan.
Dan penderita batu empedu lebih banyak perempuan dibanding pria.

Gejala Terjadinya Batu Empedu


Sebagian besar batu empedu dalam jangka waktu yang lama tidak menimbulkan gejala, terutama bila batu menetap di kandung empedu.Kadang-kadang batu yang besar secara bertahap akan mengikis dinding kandung empedu dan masuk ke usus halus atau usus besar, dan menyebabkan penyumbatan usus (ileus batu empedu).
Yang lebih sering terjadi adalah batu empedu keluar dari kandung empedu dan masuk ke dalam saluran empedu. Dari saluran empedu, batu empedu bisa masuk ke usus halus atau tetap berada di dalam saluran empedu tanpa menimbulkan gangguan aliran empedu.
Jika batu empedu secara tiba-tiba menyumbat saluran empedu, maka penderita akan merasakan nyeri yang hilang timbul dan dikenal sebagai nyeri kolik empedu. Nyeri timbul secara perlahan dan mencapai puncaknya, kemudian berkurang secara bertahap. Nyeri bersifat tajam dan hilang-timbul, bisa berlangsung sampai beberapa jam. Lokasi nyeri berlainan, tetapi paling banyak dirasakan di perut atas sebelah kanan dan bisa menjalar ke bahu kanan.
Penderita batu empedu seringkali merasakan mual dan muntah. Jika terjadi infeksi bersamaan dengan penyumbatan saluran, maka akan timbul demam, menggigil dan sakit kuning (jaundice). Biasanya penyumbatan bersifat sementara dan jarang terjadi infeksi.
Penyumbatan menetap pada duktus sistikus menyebabkan terjadinya peradangan kandung empedu (kolesistitis akut). Batu empedu yang menyumbat duktus pankreatikus menyebabkan terjadinya peradangan pankreas (pankreatitis), nyeri, jaundice dan mungkin juga infeksi.

Obat Batu Empedu

Ada beberapa obat yang diperlukan untuk pengobatan batu empedu. Pertama adalah pengurang rasa nyeri (kolik). Untuk keperluan ini bisa digunakan Ketoprofen (Kaltrofen, Pronalges, Ovurilla), baik secara oral maupun suppositoria. Bisa juga digunakan Ketorolac (Torasic, Toradol).
Sedangan untuk menghilangkan batu empedu bisa dilakukan jika batu empedu yang ada tidak terlalu besar. Selain itu, kandungan batu empedu terdiri dari kolesterol. Untuk batu empedu yang terbentu dari endapan garam kalsium, pemebrian obat tidak efektif. Obat yang digunakan untuk menghancurkan batu empedu adalah Chenodeoxycholic acid (Chenofalk, Estazor). Sedangkan untuk mengatasi gangguan cairan empedu, digunakan UrUrsodeoxycholic Acid (Urdafalk, Urdahex).

Dan begitulah, setelah resep dari ibu tadi aku layani, dan saat menyerahkan obat, taka lupa aku ucapkan “Terima Kasih, Semoga cepat sembuh”. Ibu itu pun tersenyum, dan pamitan.
Share this article :

10 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  2. saya juga mempunyai batu empedu..di kantung empedu,kecil-kecil, beberapa dokter menyarankan untuk operasi, apakah betul ada obat yang bisa menghancurkan batu empedu?

    BalasHapus
  3. Kami berpengalaman mengobati penyakit batu empedu tanpa operasi.murah lagi biayanya. tinggal pesan tinggal minum praktis.... setelah selesai pengobatan silahkan cek USG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tolong email ke saya detail produknya nobatsyahm@yahoo.com / mnobatsyah@gmail.com
      Thanks

      Hapus
  4. orang tua saya mempunyai batu empedu mohon sarannyya

    BalasHapus
  5. Makasih atas infonya, sangat membantu. Banyakin lagi ya postingannya :)))

    BalasHapus
  6. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi menarik tentang obat batu empedu adalah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami... teruslah berbagi informasi

    BalasHapus
  7. tank's ats infonya,,,, o iy,ap itu bener2 bisa menghancurkan batu yang da dalam kandungan empedu,,,,???
    soalnya ibu saya juga mengalami penyakit yang sama,tapi beliau tidak mau di operasi dengan alasan takut,,,,

    BalasHapus
  8. Info yang sangaat baguus, trmksh mertua saya kebetulan kena batu empedu...trimakasiiih.

    BalasHapus

Popular Posts

Pengikut

 
Support : opyright © 2013. Obat dan Kesehatan - All Rights Reserved