Home » » Bila Gigi Perlu Obat Sakit Gigi Yang Manjur

Bila Gigi Perlu Obat Sakit Gigi Yang Manjur

Written By Teguh Iw on Senin, 07 Mei 2012 | 14.42

sakit gigi


"Mas, ada obat sakit gigi yang manjur dan cespleng. Ini lho, gigiku sakit sekali", kata seorng Bapak di apotek. Aku lihat, pipinya sebelah kiri membengkak. Dan Bapak itu, masih terus mengeluh kesakitan. "Giginya berlubang Pak?:, tanyaku. "Iya, dan gusi bengkak".

Akit gigi berupa radang gusi (gusi bengkak, gingivitis) merupakan penyakit paling umum pada gigi. Saking umumnya, sakit ini sering disebut sakit gigi saja. Padahal yang sakit adalah gusi, sebeb gusi yang mengalami peradangan dan menyebabkan rasa nyeri yang, menurut Meggy Z, lebih sakait dari sakit hati.

Gingivitis terjadi karena adanya plak pada permukaan gigi. Plak ini terjadi akibat makanan yang tertinggal dan menempel pada gigi. Sisa makanan yang menempel ini mengundang berbagai bakteri. Plak yang terus menempel lebih dari 72 jam akan mengeras. Di sanalah bakteri bersarang dan beranak pinak. Dan plak ini merupakan penyebab utama sakit gigi berupa radang gusi (gingivitis). Plak yang menempel hampir selalu diakibatkan oleh pembersihan gigi yang tidak benar.

Jika plak banyak menempel pada gigi, berarti semakain banayak bakteri yang terdapat pada gigi. Infeksi gusi tinggal menunggu waktu. Faktor yang mempercepat terjadinya infeksi diantaranya adalah gigi berlubang dan berbagai kebiasaan yang tidak sehat seperti banyak makan gula. Selain itu kekurangan vitamin C dan Niasin juga memeprcepat terjadinya infeksi.

Obat Sakit Gigi


Nah sekarang bagaimana jika telah terjadi infeksi. Bakteri pada gigi dapat menyebar dan menyebabkan radang jaringan mukosa pada mulut dan sekitarnya. Sariawan ataupun radang tenggorokan dapat terjadi. Untuk mengatasi sakit gigi akibat infeksi, obat antibiotik akan diberikan. Obat antibiotik yang sering digunakan adalah antibiotik yang mampu menembus jaringan lunak dan pus (nanah). Obat antibiotik semacam ini diantaranya adalah Lincomycin (Lincocin, Lintropsin) dan Clindamycin (Clinmas, Clinjos, Probiotin,Lindacyn).

Sedangkan untuk mengurangi bengkak dan rasa sakit, sering digunakan asam mefenamat (Ponstan, Mefinal) dan Natrium/Kalium Diklofenak (Voltaren, Cataflam, Voltadex, Deflamat).

Namun jika gigi sudah terlanjur berlubang, tunggu sampai radang menghilang. Setelah itu, cabut gigi. Itu obat manjur agar sakit gigi tidak kambuh lagi.
Share this article :

26 komentar:

  1. trims infonya, lagi sakit gusi juga ni gan thank. nb info buat teman2 yg lagi punya masalah apa aja jangan lupa sharing di http://masalahkita.com Forum Relatime Baru dengan FItur Chating Tiap Postingan Tanpa Daftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sLain itu ada cara Lain gK??

      Hapus
  2. Maturnuwun sanget, informasinipun!

    BalasHapus
  3. http://www.ramuanku.com/products.php?cid=16

    http://www.ramuanku.com/products.php?cid=16

    BalasHapus
  4. tipsnya bagus gan.mau saya coba.makasihya tipsnya.ada juga tips dari saya tips pencegah dan penyembuh dengan air beras.copy aza tips saya diweb saya www.entrepreneurship.com
    email.satuhatibersaudara@gmail.com
    ada juga vidio kusus orang dewasa.
    Telkomsel: 081325451343
    Indosat : 085713162228
    Xl Axiata : 087831704077

    BalasHapus
  5. Bgus informasinya
    www.timbangandigital1.com

    BalasHapus
  6. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  7. terimakasih sekali T,T

    BalasHapus
  8. Numpang baca ya, terimakasih sebelumnya, setelah membaca artikel ini jadi tambah pengetahuan baru

    BalasHapus
  9. mksh infonya... masak si obat yg manjur giginya di cabut..?kn sayang ci gigi geraham lagi yg bolong ga da separo..?

    BalasHapus
  10. thanks smg sukses gan..

    http://www.saesalera.com/product/view/43/obat-mata

    BalasHapus
  11. Sip gan sangat membantu sekali informasinya, kebetuhan lagi dapat situasi seperti diatas...makasih

    BalasHapus
  12. terima kasih banyak telah berbagi informasi tentang obat sakit gigi yang manjur.... semoga tuhan memberikan yang terbaik bagi kita semua

    BalasHapus
  13. terima kasih ,,,,gigi saya tetap sakit

    BalasHapus
  14. makasih infonya, kebetulan hr libur gini dokter gigi pd tutup. Lagi kucoba resepnya. Tks

    BalasHapus
  15. Tapi harus bs nahan sakit yg sakittttt banget banget banget ya setelah minum lincomycin. Sy disuruh dokter minum obat ini krn mengalami peradangan gusi dan gigi geraham sy berlubang. Jadi tiap kali selesai minum obat ini harus menahan rasa sakit rata2 5-10 menit krn reaksi obatnya. Tp setelah itu ya ga kerasa sakit lg sih emang.

    BalasHapus
  16. Efek stlh minum lincomycin ini luar biasa gan. Sakitnya bs sampe 10menit. Tp setelah itu ya enak2 aja sih. Gusi sy meradang dan gigi geraham berlubang. Makanya dikasih obat ini. Btw thx infonya ya gan

    BalasHapus

Popular Posts

Pengikut

 
Support : opyright © 2013. Obat dan Kesehatan - All Rights Reserved