Home » » Obat Nyeri Saat Bayi Tumbuh Gigi

Obat Nyeri Saat Bayi Tumbuh Gigi

Written By Teguh Iw on Rabu, 25 April 2012 | 13.11

Bayi Tumbuh Gigi


Hari ini Luna, anakku, agak rewel. Makan yang biasanya dilakukan dengan penuh semangat dan lahap, kali dengan malas-malasan. Lauk kesukaannya, yaitu lumpia goreng Pak Toni, tak mampu membangkitkan selera makannya. Walah ada apa? "Gigiku sakit", katanya dengan cedhal ketika aku tanya. Lalu aku ambil senter dan aku lihat gusinya bagian belakang terlihat bengkak dan memerah. Mungkin infeksi, mungkin juga akan tumbuh gigi. Setelah konsultasi dengan dokter gigi, akhirnya aku tahu kalau Luna akan tumbuh gigi. Biasanya ada demam sedikit.

Gigi pertama seorang anak yang sehat biasanya tumbuh diusia 6 bulan, dan 20 set lengkap gigi utama atau gigi pertama biasanya terbentuk diusia 3. Sebelum sebuah gigi tumbuh, anak bisa menangis, mudah marah, dan tidur dan makan dengar kurang baik. Anak bisa berliur, memiliki gusi berwarna merah dan lunak, dan terus-menerus mengunyah makanan dan benda selama gigi muncul. Selama gigi tumbuh, anak tersebut mengalami suhu tubuh yang tinggi dan mereka yang khususnya rewel harus dievaluasi oleh seorang dokter karena gejala-gejala ini tidak spesifik gigi tumbuh.

Pada bayi yang tumbuh gigi akan mendapatkan rasa nyaman dengan mengunyah benda yang liat dan sedikit keras. Ada produk khusus untuk merangsang pertumbuhan gigi anak. Karena itu pada periode ini, bayi sangat senang menggigit. Tapi juga akan sering rewel. Hal ini disebabkan demam dan rasa nyeri pada gusi akibat desakan gigi yang akan tumbuh. Tenang saja para ibu... ini wajar dan sama sekali tidak berbahaya. Dan juga gejala ini bukan karena terjadi infeksi. Jadi tenang saja..
Jika bayi Anda tampak tidak nyaman karena tumbuh gigi, coba tips sederhana ini:
  • Gosok gusi bayi Anda. Gunakan jari bersih, basahi kasa atau kain untuk memijat gusi bayi. Tekanan dapat meredakan ketidaknyamanan bayi Anda.
  • Berikan cincin tumbuh gigi untk digigit-gigit bayi. Gunakan produk yang terbuat dari karet. Variasi yang berisi cairan bisa pecah karena kunyahan bayi Anda.
  • Jika bayi anda suka minum dari dot, isi botol dot dengan air. Kontak berkepanjangan dengan gula, susu formula atau jus dapat menyebabkan kerusakan gigi.
  • Berikan makanan yang dingin, bukan panas ataupun hangat. Tapi juga bukan makanan yang beku atau baru dikeluarkan dari kulkas. Tapi makanan yang dingin di suhsu kamar. Suhu makanan panas atau terlalu dingin dapat menimbulkan rasa nyeri.
  • Mengeluarkan liur berlebihan adalah bagian dari proses tumbuh gigi. Untuk mencegah iritasi kulit, segera bersihkan dagu dan daerah yang sering terkena air liur dengan kain yang lembut.
  • Bila bayi anda panas atau kesakitan, berikan analgetik seperti parasetamol drop (Sanmol, Pamol, Tempra). Bila usia bayi diatas 1 tahun, bisa diberikan ibuprofen sirup (Proris) yang cukup efektif mengatasi rasa nyeri.
Dan begitu juga dengan Luna, setelah aku beri analgetik, rasa nyerinya berkurang dan tidak rewel lagi. Oh ya, banyak produk analgetik (pengurang nyeri seperti proris atau fenris) yang dapat di beli di apotek. Dan ini berlangsung selama 3 hari. Setelah giginya tumbuh, tersembul dari balik gusi, rasa nyerinya hilang.
Share this article :

3 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  2. thanks smg sukses gan..

    http://www.saesalera.com/product/view/31/obat-herbal-keputihan-crystal-x

    BalasHapus

Popular Posts

Pengikut

 
Support : opyright © 2013. Obat dan Kesehatan - All Rights Reserved