Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Mabuk, Alkohol dan Kanker

Minuman beralkohol, hari demi hari makin mudah saja ditemui. Meski banyak pihak telah memperingatkan efek sosial dari minuman alkohol, namun peredarannya seperti tak tersentuh piranti hukum. Kemana aparatnya ya……

Oke, kali bukan masalah peredarannya yang ingin dibahas, tapi efek kesehatannya. Jika minum alkohol berlebihan, semua orang telah tahu efeknya yang merugikan kesehatan. Namun begitu, masih saja ada yang suka mabuk-mabukan. Nah bagaimana jika mengkonsumsi sedikit, seteguk dua teguk perhari?

Banyak orang percaya bahwa minum alkohol dalam takaran yang tepat dapat meningkatkan kesehatan. Hanya saja sebutan takaran yang tepat ini sangat relatif. Masa sih….. Bukti klinik atas premis ini sangat lemah. Bahkan sebaliknya, penelitian terbaru mengenai dampak alkohol menyatakn sebaliknya. Studi di Inggris, pada wanita yang mengkonsumsi alkohol ternyata beresiko lebih besar terkena kanker payudara dibandingkan dengan kelompok wanita yang tidak atau sedikit mengkonsumsi alkohol. Penemuan ini konsisten dengan penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa minum alkohol, meski sedikit tetap akan meningkatkan resiko kanker, terutama kanker kolon.

Jadi masihkah anda percaya bahwa minum alkohol, meski telah dibatasi, dapat meningkatkan kesehatan? Jangan mabuk lagi ya……

Comments :

1
nilam mengatakan...
on 

bagaimana mau memberantas minuman berakohol, jika aparatnya saja menjadi peminum setia

Poskan Komentar